TARGET PENDENGAR
Geografis :
Jabodetabek
SES : B – C
Gender : Pria & Wanita
Usia :
• (primer) 30 – 39 thn.
•
(sekunder) 20 – 29 thn.
Karakter : Mereka adalah kelompok masyarakat dalam
usia produktif, masih aktif bekerja, sehingga memiliki daya beli tinggi. Selain
itu, kelompok pendengar RKM adalah orang yang punya kepedulian dan perhatian
terhadap kebudayaan, baik sebagai penikmat, pemerhati, pelaku, maupun pembina.
Survey AC. Nielsen, W4,
2011, all ages 10+ :
•
Jumlah Pendengar : 2.535.000 orang
•
Menguasai 4,4% Pasar Radio Jabodetabek .
•
Durasi rata-rata pendengar mendengarkan RKM : 4 jam 52 menit .
Jumlah Pendengar Aktif melalui SMS:
89.671 nomor unik .
Jumlah SMS Nomor Unik di
beberapa acara :
•
Sunda : rata-rata 461 nomor unik (per episode).
•
Wayang Kulit : rata-rata 391 nomor unik (per episode).
•
Campursari : rata-rata 362 nomor unik (per episode).
•
Warung Betawi : rata-rata 157 nomor unik (per episode).
•
Dangdut Klasik : rata-rata 192 nomor unik (per episode)
Beberapa jenis acara yang
disajikan, seperti:
Ngopi Pagi
Program Variety Show untuk menemani penduduk Jakarta
saat melakukan kegiatan pada pagi hari , dengan berbagai sajian acara yang
menghadirkan lagu-lagu yang menghibur , berita terbaru yang diambil dari
internet dan koran , cerita-cerita yang mengundang inspirasi positif berbagai
informasi yang bermanfaat untuk pendengar . ¢ Live, Interactive, Senin – Jumat
, 06:00 – 10:00 wib .¢ Gaya Siaran : Smart, Cheers, Warm, Friendly, Dynamic.
Lagu : Barat 15% & Indonesia 85%. Segmen Acara : — Info Terkini , Info
Ringan & Jokes — Ucapan Ulang Tahun . — Info Lalu-lintas . — Yang Pernah
Ada . — Talkshow Kesehatan . — Ragibol — Rahasia Juragan . — Wawancara
Komunitas . — Bincang Koperasi & UKM.
Target audience: pria & wanita, para pekerja yang
sedang berada dijalan menuju tempat kerja/tempat tujuan, para staff kantor,
para wirausaha yang sedang bekerja
SMS (Siang Menjelang
Sore)
Sajian lagu-lagu pilihan untuk menemani aktifitas
pendengar RKM dari siang sampai menjelang sore, dengan selingan info-info human
interest dan informasi terkini , info peluang usaha , serta tips-tips
penyemangat kerja dan sukses berusaha . ¢ Live, Interactive, Senin – Jumat ,
13:00 – 16:00 wib . Gaya Siaran : Friendly, Cheers, Fun. ¢ Lagu : Barat 15%
& Indonesia 85%. Segmen Acara : — Info Agenda Public. — Info Aktual . —
Jokes. — Aneka Tips. — Kuis Tebak Kayu Manis . — Adu Tembang . — Request.
Target audience: pria dan wanita, para
mahasiswa-mahasiswi yang baru pulang kuliah atau yang sedang santai dirumah,
ibu rumah tangga, para pekerja / staff.
Warung Betawi
Acara yang memutarkan Lagu-Lagu Betawi pilihan ,
berdasarkan playlist dan permintaan dari Pendengar . Dalam acara ini juga
terdapat obrolan bercanda cablak ala Betawi . Pengudaraan setiap Rabu , pukul
21:00 – 24:00 wib .
Target audience: pria dan wanita . ini termasuk
segmen khusus, karena hanya sebagian orang saja yang suka mendengarkan dan
menjadi audience bagi program ini, yaitu bagi orang Betawi asli , bagi
orang-orang yang mengagumi budaya dan bahasa Betawi, dll.
Kandang Lagu Kondang
Acara yang menawarkan 3 lagu pop hits Indonesia
untuk dipilih oleh pendengar melalui SMS. Pilihan pendengar ini akan menentukan
posisi lagu tersebut di acara Tangga Kandang Lagu Kondang .Penawaran dilakukan
8 kali per hari , , antara pukul 06:00 s/d 20:00, Senin – Jumat (4PT + 4RT).
Tangga Kandang Lagu Kondang , setiap Jumat , 20:00 – 21:00 wib .
Pagelaran Wayang Kulit
Pengudaraan beberapa
koleksi Wayang Kulit milik RKM, dan hasil rekaman dari pagelaran wayang kulit
di beberapa tempat . Pemandu Acara : Priyanto. Pengudaraan setiap Kamis , pukul
21:00 – 04:00 wib . Pengudaraan (live dari Pendopo RKM) setiap Kamis Pahing ,
pukul 21:00 – 04:00 wib .
Radio Kayumanis didengar oleh 2.707.000 orang di
Jabotabek.
Profil pendengar Radio Kayumanis berdasarkan jenis
kelamin adalah wanita (56%) dan pria (44%).
Usia pendengar Radio Kayumanis adalah dari usia
dewasa muda 15-34 tahun (50%), dan (47%) dari usia 35 tahun keatas.
Pekerjaan pendengar Radio Kayumanis adalah pegawai
(28%), dan ibu rumah tangga (24%), sedangkan profesional (11%), pelajar (11%),
others termasuk pensiunan, free lancher dan pencari kerja (21%), wiraswasta
(5%).
Sebagian Radio Kayu Manis biasanya memutar lagu
Indonesia 85% dan lagu Barat 15%. Terkadang, RKM akan memutar lagu-lagu zaman
dulu pada malam hari. RKM ini sangat didominasi dengan budaya betawi yang cukup
kental. Tutur bahasa yang dipakai penyiar pun juga demikian.
Target audience RKM biasanya sekitar usia 30 ke atas.
Dulu, RKM tidak membuka diri kepada pendengar tapi sekarang RKM sudah mulai
mengikuti situasi zaman sekarang. Pagi sampai sore biasanya memutar lagu
Indonesia 85% dan lagu barat 15%. Tapi bila malam hari, lebih difokuskan ke
lagu Indonesia.
Ingin
pasang iklan di Radio Kayu Manis ? Silahkan Hub : 0813 9878 2222 / 021 9809 2266
No comments:
Post a Comment