Friday, July 5, 2013

Prambors Radio

 

A. Profile 

Station ID            : 102,2 FM Prambors Radio “Hits Terbaik Dunia”
Tagline               : “Hits Terbaik Dunia”


     B. Sejarah Radio Prambors Jakarta

  Awalnya Prambors merupakan radio yang dibentuk oleh sekelompok anak muda yang hanya bisa didengarkan di daerah Jakarta, beberapa anggota Prambors, Imran Amir, Mursid Rustam, Malik Sjafei dan Bambang Wahyudi, serta Tri Tunggal, merasa perlu memberi Prambors sebuah pemancar radio.

Mereka pun merakit transmitter sederhana dan segala macam alat pendukungnya di kamar tidur Bambang Wahyudi. Karena dulu belum ada kaset ataupun tape player portabel, maka dipakailah piring putar untuk memutar lagu dari piringan hitam.

      Pada tahun 1970, Pemerintah mengeluarkan aturan baru, bahwa setiap radio berbadan hukum haruslah berbantuk Perseroan Terbatas (PT) atau Perkumpulan. Prambors pun mematuhi aturan tersebut, sehingga namanya menjadi PT Radio Prambors Broadcasting Service. Akte tersebut kemudian diubah menjadi PT Radio Prambors pada era 80-an.

    Pelan-pelan, ternyata Prambors sudah memiliki komunitas pendengar yang mayoritas anak muda. Lagu-lagu dan materi siaran pun disesuaikan dengan segmentasinya, yaitu anak muda. Mulai tahun 1971 hingga 1978, Prambors pun makin mantap di jalur anak muda, yang kala itu seperti tak ada saingan. Produk Prambors makin beragam. Mulai dari kaset kompilasi, sampai acara off air Lomba Cipta Lagu Remaja (LCLR) yang sukses.

     Di era 80-an, Prambors mulai berbenah karena di era ini mulai terasa adanya persaingan dengan stasiun radio lain. Salah satu usaha keras mereka untuk tetap menjaga komunitas pendengarnya adalah melalui permainan, kuis yang dikembangkan cukup bervariasi, dengan hadiah yang kala itu cukup sensasional, misalnya mobil. Selain kuis, di era 90-an mulai muncul pula acara-acara baru, seperti Catatan si Boy, Diary, juga acara off air seperti Tenda Mangkal, Prambors Nite. Komunitas pendengar Prambors makin besar, terutama didukung oleh pembenahan kualitas audionya dengan pindah ke jalur FM 102,3 di tahun 1987.

   Karena adanya penataan ulang seluruh frekuensi yang dikeluarkan oleh Departemen Perhubungan, per 1 Agustus 2004 Prambors berubah frekuensi yang tadinya FM 102,3 menjadi FM 102,2. Sampai sekarang, Prambors sudah hadir di 8 kota di Indonesia, yaitu di Prambors Jakarta 102.2 FM, Prambors Bandung 98.4 FM, Prambors Semarang 102 FM, Prambors Solo 99.2 FM, Prambors Yogyakarta 95.8 FM, Prambors Surabaya 89.3 FM, Prambors Medan 97.5 FM, dan Prambors Makassar 105.1 FM. Luasnya jaringan Prambors itu makin terasa terutama dalam berbagai program yang mengudara dari Jakarta langsung ke 8 kota.

    Sampai saat ini Prambors terus menemani kawula muda dengan program-program seru. Setiap hari Senin - Jumat ada Selamat BeGi! Untuk program pagi, hari yang dipandu oleh Indra Bekti dan Nycta Gina, di siang hari ada Hit the Hits dipandu oleh Andari, Sore hari ada Danang Show yang dipandu oleh Danang, di malam hari ada Hey-Ho Show dipandu oleh Jessica Elenora dan Kresna Julio, dan di hari sabtu-dan minggu ada The Weekend Show dipandu oleh CJ, dan juga Hot 20 Countdown dipandu oleh Reza Alqadri.

    Dengan pengalaman 40 tahun (sejak 1971) tahun sebagai radio anak muda, Prambors selalu menjadi Tempat Anak Muda Mangkal. Prambors dan kreativitasnya tidak hanya bisa dijangkau kawula mudan melalui radio, tapi juga melalui internet, baik melalui situs resmi Prambors (www.pramborsfm.com) ataupun melalui berbagai macam sosial media anak muda seperti Twitter dan Facebook. Sarana gadget seperti telepon selular, komputer, dan media lainnya juga jadi salah satu sarana anak muda untuk mengakses Prambors. 

    C. Program On-Air di Prambors Radio   

              • Selamat Begi

              Program pagi untuk menemani kawula muda yang memiliki karakter semangat, tidak serius, santai, seru dengan berbagai fitur yang berisi lawakan dan mengajak kawula muda untuk interaktif.

              Penyiar    :        Indra Bekti and Nycta Gina
              Waktu      :        Senin-  Jumat 06.00-10.00
              Fitur        :        Mari Berbegi ( Miss Dongdong, Mbah Ngatimen ), Harapan Begi,  
                                     Laporan Lalu Lintas, Senam Begi, Kentang Begi
              Durasi      :          240 Menit

             • Hit the Hits “four hours for nothing but the hits”
Karena program ini mengudara pada jam-jam orang melakukan aktivitas/mobile (regular time)  dan tidak semua orang mendengarkan radio seperti pada pagi hari, maka Andari menggunakan media twitter untuk berinteraktif dengan kawula muda melalui fitur-fitur yang ada.

             Penyiar :          Andari
             Waktu  :           Senin - Jumat 10.00-14.00
             Fitur    :          Sikat (Sisipan Kata), Basi (Tebak Musisi), Narsis (Nanya Random   
                                    siang-siang)            
             Durasi  :           240 Menit

             • Hot 20 Countdown

 Chart yang diputar berdasarkan request, jadi naik turunnya chart ditentukan dari banyaknya request kawula muda.

               Penyiar  :          Reza Alqadri
               Waktu    :           Senin - Jumat 14.00-16.00
               Fitur      :         Rekues melalui twitter dengan hashtag #PH20
               Durasi    :         120 Menit 

              • Danang Show
Program yang dibawakan oleh Danang yang memiliki tagline “The Most Wanted Guy in Town”, berisi lawakan dan plesetan dalam setiap siarannya. Pada fiturnya Massdartop5, yang menyajikan 5 hal tentang apapun dan dikemas dalam bentuk lawakan dan plesetan yang seru contohnya : 5 film horror legendaris sepanjang masa).

              Penyiar  :          Danang
              Waktu    :          Senin - Jumat 16.00-20.00
              Fitur      :          Mass Dartop 5
              Durasi    :          240 Menit
  
             • Hey-Ho Show
Program pada malam hari yang berisi interaktif dengan kawula muda, dengan berbagi topik yang berbeda setiap harinya. Biasanya mengenai persahabatan dan cinta, lalu Adit akan membacakan twitter dari kawula muda.

               Host      :         Jeje dan Julio
               Waktu   :          Senin – Jumat 20.00 – 24.00
               Durasi   :          240 Menit

              • Weekend Show

 Presenting lagu-lagu yang sedang hits di prambors, dibawakan oleh 3 penyiar : CJ, Jeje, Julio.

               Host        :           CJ ,      06.00-11.00 Pagi
               Waktu     :           Sabtu – Minggu
               Durasi     :           300 Menit

              • Top 40 Chart

 Presenting chart 40 tangga lagu hits versi Prambors Radio.

               Host       :            Okky
               Waktu    :            Sabtu-Minggu 16.00-20.00
               Durasi    :            240 menit


Ingin pasang iklan di Prambors Radio ? Silahkan Hub : 0813 9878 2222 / 021 9809 2266

3 comments:

  1. Mas, saya tertarik untuk memasang iklan di prambors,
    Jika berkenan, boleh saya kinta price list harganya?
    Email saya muhammadfazriashari@gmail.com

    ReplyDelete
  2. saya tertarik untuk pasang iklan sekolah di prambors bandung
    jika berkenan boleh saya minta price list harganya
    email saya di dwipyuningtyas@gmail.com

    ReplyDelete
  3. untuk ikan di prambors solo concact person siapa

    ReplyDelete