Saturday, July 6, 2013

Radio Sonora


 Radio Sonora adalah salah satu stasiun radio di Jakarta yang mengudara dengan frekuensi 92,0 FM yang didirikan tanggal 8 Agustus 1972, mengujudkan cita-cita (alm) PK Ojong, pendiri Kompas bersama Jakob Oetama - membuat multimedia. Mulai 1 Mei 2006, SONORA meluncurkan Logo, susunan acara dan program-program baru. Tampilan penyiar, keakraban dan kepercayaan terhadap berbagai informasi yang disampaikan, membuat masyarakat dapat mengenali kekhasannya lewat suara-suara penyiar, seperti suara Bung Eddie Dipo, Mbak Susan dll. Kekhasan informasinya adalah masalah Lalu-Lintas. Sebelum reformasi '98 - Sonora satu-satunya radio di Jakarta yang menghadirkan musik dan informasi (belum berupa berita, karena berita hanya produk RRI). Saat kasus Malari, kasus Perang Teluk hingga kasus Mei '98, banyak informasi Sonora yang menjadi pegangan warga Jakarta. Bahkan ketika kerusuhan Mei '98, seakan Jakarta buta informasi - radio ini menjadi satu-satunya media audio yang diminta Pemda dan Kodam - berada diudara secara non stop. Setelah reformasi berlangsung, banyak radio membuat format siarannya seperti Sonora, yaitu : ada musik, ada informasi, ada berita, ada talk show, ada liputan, ada laporan/siaran dari luar studio, ada foxpop. Kunci keberhasilan Sonora adalah materi siarnya yang bermanfaat, dapat dipercaya ke sahihannya dan dihadirkan tanpa menggurui (apa adanya). Saat menjadi Radio Jaringan, yang meliputi : Salvatore Sonora Surabaya, Bikima Sonora Yogyakarta, Atmajaya Sonora Palembang, Sonora Pangkal Pinang, Bornera Sonora Pontianak, Mercy Sonora Semarang, Ria Sonora Solo, Raka Sonora Bandung. Juga termasuk yang ada Serambi FM di Banda Aceh, Bpost FM Banjarmasin, Garantung FM Palangka Raya , Sumasli Sonora Purwokerto, dan Kalimaya Bhaskara Malang.
Nama Sonora, berasal dari bahasa Latin / Spanyol yang berarti bunyi - bunyian merdu.

Dengan suara yang merdu, kami hadir 24 jam menemani aktifitas keluarga Sonora, dengan serangkaian informasi dalam dan luar negeri, pantauan lalu lintas ibukota, hingga hiburan. Sebagai radio keluarga, Sonora juga menyajikan berbagai informasi aktual untuk keluarga Anda seperti info kesehatan, pendidikan, bisnis serta gaya hidup. Selain itu, banyak liputan yang bersifat human interest untuk memberikan wawasan kepada pendengar atas apa yang sedang terjadi di masyarakat. Selain informasi, pendengar juga bisa menikmati sajian musik berkualitas dengan koleksi yang lengkap dan bervariasi, baik di rumah maupun di perjalanan.

Dengan siaran nonstop 24 jam, siaran Sonora Jakarta ditargetkan untuk keluarga (semua umur) dan didengarkan oleh lebih dari 1,3 juta orang dari golongan menengah keatas (SES A,B,C+).

Jangkauan :
Jakarta, Tangerang, Balaraja, Cikupa, Serpong, Serang, Banten, Bekasi, Cikarang, Karawang, Cikampek, Sadang
Kategori : Radio Keluarga
Gender : 46% Male dan 54% Female
Call Sign : Keluarga Sonora
Radio Award :
NAB Award dari Amerika Serikat, 10 April 2002
(Penghargaan tk. internasional utk kepedulian thd masyarakat)

Format Siaran

Kami mengedepankan infotainment, informasi sekaligus hiburan bisa anda dapatkan sekaligus. Kekuatan informasi Sonora, terletak pada kredibilitas dan kecepatan, sehingga bisa dijadikan panduan bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Kekuatan yang juga melibatkan pendengar, baik dari penyampaian pendapat secara interaktif maupun pantauan lalu lintas. Hiburan, dengan menyajikan lagu - lagu pop, country, dan rock. Adapun prosentase lagu, adalah 70% barat, dan 30% Indonesia. Pendengar juga dapat terlibat memilih lagu - lagu pilihan yang ingin dinikmati dalam serangkaian acara permintaan lagu Sonora.

Off Air

Membina hubungan baik yang telah terjalin di udara, Sonora juga menyelenggarakan serangkaian kegiatan untuk Keluarga Sonora. Donor Darah, dilangsungkan 1 - 2 kali dalam setahun, bekerjasama dengan PMI, dan sponsor terkait. Safari Trek, hiking di Taman Safari Indonesia. Diadakan 2 kali dalam setahun, bertepatan dengan liburan sekolah. Kembara, ditujukan untuk anak - anak sekolah usia SD dan SMP. Tujuan kegiatan adalah agar anak mandiri, dan dapat beradaptasi dengan lingkungan alam bebas. Diadakan 2 kali dalam setahun, bertepatan dengan liburan sekolah.Sonora Live In, serupa dengan kegiatan tour bersama, mengambil lokasi di berbagai kota di Indonesia.

Ingin pasang iklan di Radio Sonora ? Silahkan Hub : 0813 9878 2222 / 021 9809 2266

No comments:

Post a Comment